Bolehkah seseorang membayar zakat secara online bagaimana hukumnya apakah ada ketentuan rinci mengenai hal tersebut pak kyai ? Berikut jawaban online. jenis zakat yang harus dikeluarkan

1. Zakat Fitrah
Zakat yang dikeluarkan setiap setahun sekali pada bulan Ramadan, paling lambat sebelum orang-orang selesai menunaikan shalat ied, dan diwajibkan atas semua umat islam termasuk bayi yang baru dilahirkan.

2. Zakat Maal
Zakat maal atau zakat harta yang terdiri dari emas, perak dan uang, dan rikaz atau harta yang tersimpan, termasuk didalamnya dana investasi, tabungan, deposito, nilai tunai asuransi, dll.

3. Zakat Penghasilan
Baik penghasilan dari perdagangan dan perusahaan, hasil pertanian, perkebunan dan perikanan, hasil pertambangan, peternakan serta pendpatan (gaji) dan jasa, termasuk hadiah, komisi atau fee.

Pertanyaannya, apakah ketika memiliki harta dan berpenghasilan, harus dikeluarkan zakatnya? Belum tentu. Ada syarat yang harus dipenuhi sehingga kepemilikan dikenakan zakat yaitu memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Kepemilikan sempurna: harta diperoleh dengan cara yang halal, jika caranya haram seperti merampok & korupsi tidak boleh dikeluarkan.

2. Nisab, mencapai batas. Nisab adalah syarat jumlah minimum harta yang dapat dikategorikan sebagai harta wajib.
3. Harta yang berkembang atau produktif atau berpotensi produktif. Contohnya hasil pertanian, emas, properti, tanah, dan juga uang.

4. Sudah melebihi kebutuhan diri sendiri dan keluarga, melebihi standar hidup layak. Artinya, kalau harta yang dimiliki dibawah pemenuhan kebutuhan pokok, belum layak.

5. Bebas dari hutang. Harta yang msh terkena hutang, belum wajib zakat, tetapi porsi yang sudah lunas wajib zakat.

6. Haul, kepemilikan 1 tahun, untuk harta seperti emas, uang properti dan barang dagangan. Kecuali penghasilan dari profesi (gaji,honor,komisi, barang yang di tuai, hasil pertanian dan mineral.
Besar Zakat

Zakat fitrah. Besar zakat yang dikeluarkan menurut para ulama adalah sesuai penafsiran terhadap hadits adalah sebesar satu sha’ (1 sha’=4 mud, 1 mud=675 gr) atau kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.7 kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan atau uang yang senilai.

Zakat Profesi, sebesar 2,5%, baik dari penghasilan bruto, maupun penghasilan bersih.

Zakat Emas dan Perak, sebesar 2,5% dengan berat 595 gram untuk perak dan 85 gram untuk emas.

Zakat simpanan sebesar 2,5% dari saldo akhir bersih.

Zakat hadiah, terkait dengan gaji 2,5%. Zakat Komisi masih dibedakan lagi apakah berasal dari keuntungan perusahaan atau dari profesi. Zakat hibah apakah sumber hibah tidak terduga ataukah diduga, masing-masing besarannya berbeda.

Selain besaran zakat di atas, masih ada zakat pertanian, perdagangan, peternakan dan zakat saham investasi yang masih terdapat perbedaan dikalangan ulama. Anda dapat mempelajarinya secara detail di pelatihan-pelatihan.

Nah, sudah tertunaikan semua? Mumpung Ramadan, kelarin semua,agar jiwa dan harta suci dan bersih, serta memberi manfaat buat orang lain. Semoga bermanfaat dan salam finansial.

Cara membayar zakat online

Navigasi pos